-->

pengertian arsitek dan arsitektur secara umum dan khusus


Arsitek adalah seorang ahli dan menguasai seluk beluk tentang ilmu arsitektur, ahli dalam merancang bangunan atau ahli menata lingkungan.

Istilah arsitek seringkali diartikan secara sempit sebagai seorang perancang bangunan, adalah orang yang terlibat dalam perencanaan, merancang, dan mengawasi konstruksi bangunan, yang perannya untuk memandu keputusan yang memengaruhi aspek bangunan tersebut dalam sisi astetika, budaya, atau masalah sosial. Definisi tersebut masih terlalu sempit dan kurang tepat mengingat lingkup pekerjaan ahli arsitektur yang begitu luas, mulai dari lingkup interior ruangan, lingkup bangunan, lingkup kompleks bangunan, sampai dengan lingkup kota dan regional. oleh karena itu, akan lebih tepat jika arsitek di definisikan sebagai seorang ahli di bidang ilmu arsitektur, ahli rancang bangun atau lingkungan binaan.

Secara umum , arsitek merupakan seorang ahli perancang skema atau rencana.
Kata Arsitek berasal dari bahasa Latin yaitu architectus, dan dari bahasa Yunani: architekton (master pembangun), arkhi (ketua) + tekton (pembangun, tukang kayu).

Dalam penerapannya, arsitek berperan dan berfungsi sebagai pendamping, atau wakil dari pemberi tugas (pemilik bangunan). Arsitek berkewajiban untuk mengawasi dalam pelaksanaan pekerjaan  di lapangan atau proyek sesuai dengan spesifikasi teknis dalam perjanjian yang sudah dibuat dan disepakati bersama. Dalam pekerjaan proyek dengan skala besar, arsitek berperan dan berfungsi sebagai direksi, dan memiliki hak dalam mengontrol pekerjaan yang kerjakan kontraktor. Seandainya terjadi penyimpangan dalam pelaksanaan di lapangan, arsitek berhak untuk menghentikan dan memerintahkan perbaikan atau membongkar bagian yang tidak atau belum memenuhi persyaratan sesuai perjanjian yang sudah disepakati.

Praktik arsitek
Di lingkup pekerjaan arsitektur, pengetahuan teknis, manajemen, dan ilmu bisnis adalah aspek yang sangat penting disamping pengetahuan terhadap ilmu merancang itu sendiri. Jasa seorang arsitek diperlukan oleh klien untuk melakukan studi kelayakan, audit bangunan, sekaligus mendesain bangunan dan struktur.

0 Response to "pengertian arsitek dan arsitektur secara umum dan khusus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel